Friday, February 5, 2016

Untuk Penghijauan Pemerintah Kota Yogyakarta Rintis Hutan di Tengah Kota

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta saat ini tengah merintis untuk terciptanya hutan di tengah kota. Program ini dianggap sebagai solusi ditengah minimnya ketersediaan ruang terbuka hijau saat ini. Diharapkan dengan program tersebut keseimbangan alam perkotaan akan tetap terjaga dan nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.


Hutan kota merupakan upaya pemerintah untuk melakukan penghijauan dengan memanfaatkan sekecil apapun lahan kosong yang masih ada. Terciptanya hutan kota juga akan menjadikan Yogyakarta sebagai wilayah tangkapan air untuk menyangga daerah di sekitarnya, ungkap Imam Priyono (Wakil Walikota Yogyakarta).

“Hutan kota sudah menjadi kebutuhan untuk penghijauan di wilayah ini. Setiap ada lahan yang kosong perlu kita hijaukan agar nantinya dapat menjadi wilayah tangkapan air,” kata Imam Priyono disela kegiatan penanaman 10 ribu pohon yang dilaksanakan Kodim 0734 Yogyakarta di Jatimulyo, Kricak, Tegalrejo, Minggu (31/01/2016).'

Baca Juga: Kawasan Wisata Malioboro Jogja akan Ditanami Pohon Asem dan Gayam 

Ada lima wilayah yang telah dibagi oleh Pemkot yang nantinya akan dijadikan hutan kota sekaligus kawasan tangkapan air. Lima wilayah tersebut yakni kawasan utara, yaitu di Lapangan Tegalrejo, wilayah selatan di Lapangan Sidokabul Umbulharjo, wilayah barat di Lapangan Asri Wirobrajan, timur di Lapangan Karang Kotagede, serta kawasan tengah berada di Stadion Mandala Krida dan Kridosono.

Seperti yang telah diiungkapkan Imam Priyono, idealnya suatu wilayah itu sepertiga diantaranya merupakan kawasan hijau. Nantinya di seputaran lapangan tersebut akan dihijaukan dengan ditanami pepohonan di sekitarnya. Semoga dengan upaya penghijauan ini kota Yogyakarta menjadi kota yang teduh, sejuk, dan nyaman bebas dari polusi.

Sumber: KRJogja

Artikel Terkait

Untuk Penghijauan Pemerintah Kota Yogyakarta Rintis Hutan di Tengah Kota
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email