Friday, February 5, 2016

Dekat Candi Borobudur akan Dibangun Bandara Internasional

Wisata Indonesia terus digenjot demi perkembangan wisata di Indonesia. Rencananya Pemerintah akan membangun bandara internasional di dekat Candi Borobudur. Dikutip dari HarianJoga, Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, pemerintah akan mengembangkan kawasan Borobudur sebagai destinasi utama berstandar internasional.

“Apa yang dimaksud destinasi utama? Artinya Orang dari luar negeri itu bisa langsung ke Candi Borobudur. Kalau sudah ditetapkan sebagai destinasi utama maka airport harus dibangun, international airport harus dibangun, fasilitas hotel-hotel harus juga berskala internasional,” kata Menpar kepada wartawan usai rapat terbatas di Hotel Manohara, kawasan Candi Borobudur, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (29/1/2016).

Candi Borobudur
Rapat terbatas tersebut dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Menpar Arief Yahya, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X.

Mengenai pembangunan bandara internasional, Menteri Pariwisata menegaskan bahwa tidak harus Bandara Ahmad Yani, Semarang yang dijadikan bandara Internasional. Akan tetapi “Kita bisa saja membangun bandara baru tapi bisa dipastikan dia harus international airport dan standarnya harus internasional, seperti Soekarno Hatta,” ujarnya seperti dilansir situs Setkab.go.id, Sabtu (30/1/2016).

Untuk Lokasinya? “Lokasinya saya tidak boleh ngomong nanti dimarahi Pak Yonan (Menhub),” kata Menpar menjawab wartawan sekaligus tidak mengiyakan jika bandara dimaksud adalah yang sedang dibangun pemerintah di Kulon Progo,DIY. 

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo - Pelabuhan Baru di Jogja 

Menpar Arief Yahya juga menjelaskan, rapat terbatas telah menyepakati branding-nya untuk menjadikan Borobudur sebagai destinasi utama wisatawan sudah disepakati, tagline-nya Borobudur Mahakarya Budaya Dunia atau World Cultural Masterpiece dalam bahasa Inggrisnya.

Target wisatawan sudah ditetapkan yaitu dua juta wisata mancanegara dan lima juta wisata nusantara pada 2019 mendatang.

“Dua juta wisata mancanegara nanti sekitar US$2 miliar atau uang devisa sekitar Rp24-25 triliun, tetapi yang beredar sekitar Rp100 triliun. Jadi kita bisa bayangkan akan menyejahterakan masyarakat di sekitar Borobudur,” tutur Menpar.

Untuk tahap pertama pengembangan Borobudur, akan ada investasi sekitar Rp20 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp10 triliun dari pemerintah berupa infrastruktur dasar dan Rp10 triliun lagi berasal dari investor swasta, ungkap Menpar Arief Yahya kepada media.

Sumber: HarianJogja

Artikel Terkait

Dekat Candi Borobudur akan Dibangun Bandara Internasional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email