Wednesday, February 3, 2016

Telaga Biru Candirejo, Semin Obyek Wisata Baru di Gunung Kidul

Telaga Biru merupakan obyek wisata baru yang terletak diujung utara perbatasan Kabupaten Gunungkidul dengan Jawa Tengah. Sekitar 25 km dari pusat kota Wonosari, tepatnya di Dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul. Jika kalian dari arah Wonosari, Telaga Biru bisa di tempuh selama 36 menit dengan menggunakan motor, dan kecepetan rata-rata antara 60km/perjam.

Telaga biru ini hanyalah bekas tambang batu. Meskipun, hanya bekas tambang batu, dan sekarangpun masih ada aktifitas pertambangan, namun ada keindahan tersendiri di balik bekas tambang batu tersebut. Menurut sumber travelgunungkidul.com awalnya tempat ini hanyalah sebuah bukit, atau gunung yang di manfaatkan oleh warga sekitar untuk di ambil batunya dan dijadikan kerajinan. Seiring berjalannya waktu, bukit tersebut semakin hari semakin terbelah dan mulai hilang. Entah ini termasuk eksploitasi alam atau bukan.Telaga Biru Candirejo, Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Foto Telaga Biru intagram alfanahsanirestuadi
Namun bikin menarik, dari sisa-sisa pertambangan ini menghasilkan sebuah Wisata baru di Gunung Kidul yang sangat indah. Lubang-lubang lebar yang luas dan curam dikelilingi bebatuan itu kini telah berubah menjadi sebuah telaga yang berisi air hujan. Sehingga warga sekitarpun menyebutnya adalah Telaga Biru.

Mengapa di sebut dengan telaga biru.? Karena memang warna airnya kebiru-biruan. Sebenarnya di telaga ini ada beberapa telaga, dan warna airnya berbeda. Jika kita melihat atau menikmati pemandangan Telaga ini dari bukit Gunung, sekilas seperti Telaga Tiga Warna yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng yang sudah sempat ngehit terlebih dahulu. Karena memang ada 3 telaga yang dipenuhi air dan warna airnyapun berbeda.

Baca Juga: Fenomena Cahaya Surga di Gua Jomblang Gunung Kidul yang Menakjubkan

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, kecuali hanya dengan biaya untuk parkir Rp.2000, kalian bisa menikmati indahnya Telaga Biru ini dengan sepuasnya. Kalian akan dimanjakan dengan tiga telaga yang airnya berbeda yang seolah-olah seperti Telaga tiga Warna. Selain pemandangan Telaga, kalian akan disuguhi hijaunya alam yang berada di sekeliling bukit. Pemandangannya Hijau dan sangat Indah sekali. Tapi perlu dingat, jika kalian berkunjung kesana pastikan selalu jaga lingkungan dan jangan merusak atau membuang sampah sembarangan.

Foto Wide Angle Indahnya Telaga BIruu Candirejo Semin Gunung Kidul
Berikut adalah rute menuju obyek wisata Telaga Biru Candirejo, Semin Gunung Kidul

Rute menuju Telaga Biru dari arah Kota Wonosari:

Rute menuju Telaga Biru adalah Wonosari-Semin-Watu kelir. Jika kalian dari arah Wonosari, silahkan kalian ambil jalan menuju pasar semin. Nah jika sudah sampai pasar semin, ambillah jalan yang menuju ke Watu Kelir. Kalau dari arah semin menuju Watu Kelir ini maka bisa dikatakan kearah utara.

Sebelum watu kelir, kalian akan menjumpai Gapura selamat datang di Gunungkidul, atau perbatasan Gunungkidul dengan Jawa Tengah yang masih dalam tahap pembangunan. Nah dari Gapura perbatasan tersebut Telaga biru masih lurus. Tapi kami sarankan untuk pelan-pelan.

Sekitar 1 Km dari gapura tersebut ada jembatan, dan pas disetelah jembatan tersebut silahkan ambil kanan, jalanannya cor blok. Silahkan lurus saja, setelah 300 silahkan ambil kiri. dan sekitar 200 meter sampailah di Telaga biru tersebut.

Sumber: travelgunungkidul

Artikel Terkait

Telaga Biru Candirejo, Semin Obyek Wisata Baru di Gunung Kidul
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar