Wednesday, January 27, 2016

Fenomena Awan Lenticular Hiasi Puncak Gunung Merapi

Fenomena awan lenticular yang menyerupai piring raksasa ini menambah betapa indahnya puncak gunung merapi. Awan tersebut tersebut membentuk lingkaran seolah menjadi mahkota puncak gunung yang meletus dahsyat pada 2010 silam tersebut.

Terlebih, saat difoto cuaca di sekitar gunung merapi tampak cerah sehingga cukup mudah untuk mengenali keberadaan awan ini. Dan berikut adalah fenomena alam awan lenticular puncak gunung Merapi yang berhasil diabadikan oleh Ranto Kresek Cakra 13 sekitar pukul 08.15 WIB. “Foto diambil dari Jalan Kaliurang KM 19,” dan telah diunggah di akun facebooknya (25/1/2016).
Keindahan Awan Lenticular Puncak Merapi
Awan Lenticular Hiasi Puncak Gunung Merapi
Foto Awan Lenticular Puncak Merapi
Selain foto telah Ranto Kresek juga mengunggah video Awan Lenticular Puncah Gunung Merapi yang berdurasi 15 detik. Dan berikut Video Awan Lentikular Puncak Merapi yang berhasil diabadikannya.

Berkopyah Puncak Mn. Merapi
"nDREDEK"
Dikirim oleh Ranto Kresek pada 26 Januari 2016

Awan lenticular sendiri memang biasa terjadi di sekitar kawasan perbukitan atau pegunungan. Awan ini terbentuk akibat adanya gerakan angin bersuhu dingin di bagian atas yang melewati pegunungan, sementara di bagian bawah atau kaki pegunungan terjadi turbulensi angin. Awan ini, kerap muncul di bagian atas turbulensi angin tersebut.

Itulah Keindahan Fenomena Awan Lenticular yang menghiasi puncak gunung Merapi yang terlihat pada hari Senin dan Selasa 25/26 Januari 2016.

Baca Juga: 5 Gunung Berapi Terpopuler di Dunia Salah Satunya termasuk Indonesia

Artikel Terkait

Fenomena Awan Lenticular Hiasi Puncak Gunung Merapi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email