Thursday, February 4, 2016

Menikmati Keindahan Sunrise di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan, Dlingo

Banyaknya minat para wisatawan untuk berkunjung ke Jogja, tentu tak luput dari hadirnya tempat-tempat menarik buat di jadikan tujuan wisata. Salah satunya adalah Gardu Pandang di Kebun Buah Mangunan, Bantul, Yogyakarta yang akhir-akhir ini sering dikunjungi oleh para wisata dan petualang karena keelokan pemandangannya, apalagi saat menunggu matahari terbit. Pengunjung atau wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan sunrise yang sangat menarik. Jadi Penasaran kan dimana letak lokasi ini?

Panorama alam di Kebun Buah Mangunan Foto oleh jogja.co
Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasinya berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tempat wisata ini dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul di atas tanah seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian yang membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi lokasi ini berikut adalah rute jalan menuju Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul

Rute menuju Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Rute dari arah kota Yogyakarta langsung saja menuju jalan Imogiri Timur atau arah jalannya yaitu Terminal Bus Giwangan ke selatan terus hingga sampai di Kecamatan Imogiri, belok Kiri dan mengikuti jalan tersebut ambil jalur Imogiri – Dlingo (lihat plang petunjuk jalan), nanti sekitar 5 km kamu akan menjumpai Balai Desa Mangunan, nah disitu ada petunjuk arah menuju ke lokasi Gardu Pandang Kebun Buah. Akses jalan menuju ke tempat ini sudah cukup baik. Dalam perjalanan kamu akan melewati jalanan naik dan turun khas  perbukitan , lembah, dan pohon-pohon / hutan sehingga tetap harus hati-hati di jalan.

Harga untuk masuk ke kawasan wisata Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan tidaklah mahal, kamu nanti hanya akan dipungut biaya masuk sebesar Rp 5000/orang yang mana sudah termasuk asuransi.

Dengan begitu kamu bisa menikmati pemandangan panorama alam, sunrise di gardu pandang, para pengunjung juga dapat melakukan swafoto dengan latar belakang pegunungan dan bentangan Sungai Oyo. Lihat Video Sunrise di Gardu Pandang Kebun buah Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta beriku ini.


Dan kabarnya karena banyaknya pengunjung yang antusias menikmati keindahan alam Gardu Pandang Kebun Buah Mangungan, Pemerintah setempat, akan menambah gardu pandang di Kebun Buah Mangunan Kecamatan Dlingo, guna mendukung pengembangan kawasan wisata perbukitan tersebut.

“Rencananya tahun ini ditambah gardu pandang, ini sebagai salah satu upaya untuk memanjakan para pengunjung Kebun Buah Mangunan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul.


Gardu pandang yang baru katanya akan berada di sisi barat gardu pandang lama, di gardu pandang ini, nantinya para pengunjung kebun buah juga dapat menikmati keindahan pegunungan dan bentangan Sungai Oyo.

Jika kamu masih peasaran dan belum pernah ke lokasi ini silahkan langsung saja berkunjung di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan dan nikmati eksotisme keindahan alamnya.

Artikel Terkait

Menikmati Keindahan Sunrise di Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan, Dlingo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email