Friday, February 19, 2016

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1 - Pembalap Pertama Indonesia

Rio Haryanto kini resmi menjadi pebalap Tim Formula Satu Manor Racing. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia, pasalnya ia menjadi pebalap Indonesia pertama yang turun dalam olahraga bermotor paling bergengsi itu.

 

Wianda Poesponegoro juru bicara Pertamina dalam pernyataan pembukaannya mengatakan bahwa sekarang Rio sudah resmi menjadi driver F1, dan  berkata sukses buat Rio.

Sementara itu, Manor Racing, melalui Direktur Racing, Dave Ryan yang berbicara melalui Skype dari Inggris, mengatakan "mendapat bantuan dari pemerintah Indonesia merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kami."

Dalam pernyataannya Rio sendiri menyatakan terima kasih atas dukungan yang ia dapatkan selama ini.
"Assalamualaikum wr wb. Saya ingin ucapkan makasih atas dukungan semua. Akhirnya pada sore ini dapat kabar gembira, saya telah di-announce sebagai pembalap F1," kata Rio.

"Semoga ke depannya dengan bekerja keras sekali, tidak hanya ingin mewakili Indonesia di F1. Saya ingin (mengukir) prestasi," tambahnya.

 

Hari ini Jumat (19/2/2016), Rio akan bertolak ke Barcelona untuk menjalani latihan pramusim.

Sementara itu Presiden Direktur Pertamina Dwi Soetjipto sangat memuji jiwa pejuang yang dimiliki Rio.

"Saya punya jiwa fighter juga. Jadi saya salut, apalagi ini untuk berjuang bagi negara. Kita tahu riwayat Rio, waktu kecil kecelakaan hebat, luka parah. Namun dia bisa bangkit untuk angkat nama bangsa, di sebuah olahraga yang penuh prestige." ujar Dwi Soetjipto.

"Mungkin kelihatannya cuma melaju kendaraan. Tapi pasti (banyak) yang tidak tahu apa yang dia lakukan, olahraga 4 jam setiap harinya. Yang pasti hanya bisa dilakukan bagi orang berjiwa fighter," tambah Dirut Pertamina.

Pertamina sendiri telah menjadi sponsor utama bagi Rio sejak 2010.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, "Bersyukur pada Allah, setelah salat tahajud, akhirnya Rio jadi orang Indonesia pertama masuk F1." Upaya Rio menjadi pebalap di F1 ini sendiri dilalui dengan berbagai tantangan terutama menyangkut pengumpulan dana.


Baca Juga: Malioboro City MX Gelar Event Kejuaraan Motocross dan Grasstrack Seri I Pada Febuari 2016

Pasalnya dana yang diperlukan untuk mengikat kontrak untuk bergabung dengan F1 tidak sedikit, karena harus mengeluarkan dana sekitar Rp320 miliar untuk musim balap 2016. Pertamina yang menjadi sponsor utama Rio selama ini tidak dapat menanggung dana sebesar itu sepenuhnya.

Dengan adanya dukungan dari masyarakat untuk Rio termasuk dari kelompok yang menamakan diri Sahabat Rio dan melakukan pengumpulan dana sejak Oktober lalu, Dengan adanya dukungan dan kerja keras hingga akhirnya Rio kini resmi menjadi pembalap F1.

Sumber: BBC Indonesia

Artikel Terkait

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1 - Pembalap Pertama Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email