Saturday, January 30, 2016

Sendang Umbul Pajangan Kolam Mata Air Alami - Wisata Air Gratis di Jogja

Seperti yang kita ketahui Yogyakarta memang penuh dengan obyek wisata. Namun dari beberapa obyek wisata di Yogyakarta perlu anda ketahui sekarang ada obyek wisata yang mudah kita akses tanpa biasa sedikit pun, misalnya saja, Sendang Umbul Pajangan (Kolam Mata Air Pajangan). Kolam mata air alami ini terletak di Dusun Wonosari Wedomartani Ngemplak Sleman, Yogyakarta. Sendang Umbul Pajangan memang tak se-terkenal wisata di Jogja lainnya, karena tempat ini belum begitu terekspose dan tempatnya juga lebih ke hiburan masyarakat sekitar saja dan buat refreshing di sore hari.


Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, rutenya tidak terlalu sulit. Dari Jalan Ring Road Utama ke timur, sampai petigaan SMKN 1 Depok Utara belok kiri, melewati Jalan Raya Tajem lurus (melewati Universitas Respati Yogyakarta dan SMA Budi Mulia Dua), sampai  pertigaan yang ada plang Pemandian Umbul Pajangan belok kiri. Di situ lah lokasi obyek wisata ini.

Untuk menikmati mandi dan berenang di Umbul Pajangan, Anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis. Namun, jika membawa kendaraan, Anda cukup merogoh uang saku Rp. 1.000,- untuk sepeda, Rp. 2.000,- dan untuk mobil Rp. 5.000,-. Setelah itu, Anda bisa menikmati (berenang) mata air jernih ini sepuasnya dari pagi hingga petang.



Selain air yang alami dan jernih, umbul ini juga terletak di pedesaan sehingga Anda juga akan disuguhi pemandangan sawah-sawah yang hijau serta bebas dari polusi. Di tengah2 umbul sendang terdapat tiang pondasi, beberapa menjadikan batu pondasi tersebut sebagai batu loncatan sebelum nyebur. Bagi yang belum bisa berenang tidak perlu khawatir. Ketinggian air kolam cukup bersahabat, setinggi orang dewasa atau kurang lebih 1,5 meter. Jika tidak, anda bisa menyewa ban pelampung di warung pinggir Sendang. Warung tersebut juga menyediakan camilan dan goreng-gorengan. Jadi bagi Anda yang sedang lapar, tidak perlu khawatir. Harganya juga terjangkau untuk masyarakat biasa.

Mata air di dalam umbul tidak pernah kering meskipun kemarau. Tak heran masyarakat setempat selalu menggunakannya untuk irigasi sawah. Di hari-hari biasa, Umbul Pajangan juga digunakan masyarakat setempat untuk mandi, berenang dan mencuci baju. Biasanya di pagi hari setelah Subuh. Setelah agak siang, barulah banyak pengunjung yang berdatangan untuk berenang. Meskipun, sering digunakan untuk berenang, air di dalam Umbul tetap bersih karena selalu mengalir, jadi tidak perlu ragu dengan kebersihan kolam. 

Baca Juga: Telaga Biru Candirejo, Semin Obyek Wisata Baru di Gunung Kidul 

Namun, yang sangat disayangkan meskipun Sendang Umbul Pajangan berpotensi menjadi tempat wisata yang bagus, ia tidak luput dari tangan-tangan yang kurang bertanggung jawab. Dinding-dinding kolam banyak coretan-coretan cat (vandal) yang kurang enak dipandang. Harusnya kita untuk bersama-sama menjaga anugerah alam ini bukan malah mencoret-coretnya.

Sendang Umbul Pajangan memang obyek wisata yang tidak begitu terkenal. Namun, tak diragukan lagi keindahan dan kenyamanannya tidak kalah dengan obyek wisata lain. Bagi Anda yang hobi berenang, Umbul Pajangan patut menjadi obyek wisata yang patut untuk dicoba karena memiliki air alami yang jernih. 

Sumber: Jogjapos

Artikel Terkait

Sendang Umbul Pajangan Kolam Mata Air Alami - Wisata Air Gratis di Jogja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email