Thursday, February 18, 2016

Bandara Baru Kulonprogo Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja Warga Sekitar

Pembangunan bandara baru di Kulonprogo dipastikan akan membuka ribuan lapangan pekerjaan untuk masyarakat Kulonprogo, terutama mereka yang terdampak proyek bandara. Bahkan bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengatakan tenaga kerja di bandara baru Kulonprogo nantinya 80 persen merupakan lulusan SMA.

“Kami mendapat data dari Angkasa Pura I di Adisutjipto ada 80 persen pekerja yang lulusan SMA, jadi kami semakin optimis banyak warga Kulonprogo yang bisa terserap bekerja dibandara,” ujar Hasto yang ditemui seusai menghadiri pelantikan 3 Bupati – Wakil Bupati DIY, di Bangsal Kepatihan, kompleks Kantor Pemprov DIY Jl Malioboro Yogyakarta, Rabu (17/2/2016).

Hasto menjelaskan, hal tersebut membuat Pemda Kulonprogo yakin banyak warga Kulonprogo yang terdampak pembangunan bandara bisa terakomodasi menjadi pekerja. Sejauh ini Pemda Kulonprogo sendiri telah menyebarkan 1500 form pilihan pekerjaan pada warga yang terdampak pembangunan bandara.

Baca Juga: Kawasan Industri Piyungan Diharap Bisa Serap 70 Ribu Tenaga Kerja

Namun baru ada sekitar 1300 form yang kembali, sebagian warga sudah menyampaikan keinginan bekerja baik sebagai security, tenaga perkantoran, sementara yang lain masih ada yang ingin bertani dan beternak.

Terkait adanya gesekan dengan warga yang masih belum sependapat, Hasto mengatakan bahwa pihaknya hanya melakukan pencocokan pengukuran tanah lokasi bandara.

Ia juga menegaskan tak ada tindakan represif dari aparat kepolisian dalam pengamanan pengukuran meskipun sempat diberitakan ada warga yang terluka.

"Kami harus mencocokkan antara versi BPN dan sertifikat masyarakat. Ibaratnya untuk membeli sebuah barang kan kita harus timbang dulu untuk menentukan harga," pungkas Hasto.

Sumber: TribunJogja

Artikel Terkait

Bandara Baru Kulonprogo Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja Warga Sekitar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email