Tuesday, February 9, 2016

Ingin Berseluncur di Atas Pasir Datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Luar biasa , Indonesia adalah negara dengan ragam kenampakan topografi yang sangat tinggi. Dari kesepuluh klasifikasi bentuk lahan yang ada di dunia semua ada di Indonesia. Bahkan 8 diantaranya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini yang menyebabkan DIY boleh jadi dinobatkan sebagai Provinsi dengan bentuk lahan terlengkap di dunia. Mulai dari kenampakan gunung api merapi di sebelah utara, kenampakan pegunungan karst Gunugkidul, beberapa sungai besar, pegunungan lipatan di Imogiri, Serta kenampakan pesisir pantai di sebelah selatan. Salah satu fenomena kepesisiran yang menakjubkan di Indonesia adalah keberadaan Gumuk Pasir di Pesisir selatan Yogyakarta, tepatnya di Parangkusumo.
Berseluncur di atas Pasir, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo - Foto oleh fajarindra 
Bagaikan torehan seni oleh alam, ketika memasuki kawasan gumuk pasir di Parangtritis akan terlihat medan pasir dengan ukiran dan gundukan-gundukan pasir dengan berbagai bentuk dan ukuran. Bagaikan tumpukan pasir yang sengaja dibentuk oleh alam, ada yang menyerupai bulan sabit, melintang searah garis pantai bahkan ada yang berbentuk bintang. Bentuk gumuk pasir itu dipengaruhi oleh arah angin, serta penghalang material pembentuk berupa vegetasi.

Fenomena gumuk pasir seperti ini hanya ada dua di dunia yaitu di Meksiko dan di Jogja luar biasa sekali bukan.
Gumuk Pasir, Parangkusumo Parangtritis JogjaJogja, Foto oleh Jogja.co
Nah, sekarang ini, gumuk pasir Parangkusumo jadi tempat favorit para penggemar olahraga sandboarding . Mereka memakai papan seluncur dan alat pengaman berupa helm serta pengaman tangan dan lutut.


Para pemain sandboarding meluncur cepat di gumuk pasir dari ketinggian 5 – 7 meter! Seluruh tubuh memang bakal kotor terkena pasir. Tapi, enggak masalah. Yang penting, seruuu!
Para  pemain Sandboarding di Gumuk Pasir - foto oleh Jogjatrip
Serunya melihat video orang-orang di berbagai negara melakukan sandboarding  di gurun pasir! Mereka meluncur dengan cepat dari ketinggian bukit-bukit pasir di tengah gurun. Mantap!


Kamu tentu sudah tahu sandboarding itu apa? Seperti yang terlihat jelas di video di atas sandboarding merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan di gurun pasir. Perlengkapan utama yang dibutuhkan adalah papan seluncur. Papan yang digunakan mirip papan skateboard  dan papan surfing.

Bagi kamu yang ingin coba berseluncur di atas pasir, bisa langsung berkunjung ke lokasi. Jika tidak punya peralatannya, kamu tak usah khawatir disitu sudah ada penyewaan alat papan seluncur serta kelengkapan keamanan lainnya.

Sumber: Jogja.co

Artikel Terkait

Ingin Berseluncur di Atas Pasir Datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: