Tuesday, February 9, 2016

Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo - Pelabuhan Baru di Jogja

Meski proses pengerukan kolam pelabuhan Pelabuhan Tanjung Adikarto tidak optimal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY berencana melakukan uji coba tambat labuh pada Februari mendatang.
 
Dikutip dari TribunJogja, bahwa Kepala DKP DIY, Andung Prihadi, saat hadir dalam peringatan Dharma Samudera Lanal Yogyakarta di kawasan pelabuhan, Jumat (14/1/2016), menyatakan uji coba tersebut akan tetap dilakukan.

Konsep Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo
Menurutnya, dalam uji coba itu akan diundang para nahkoda nelayan yang dikoordinasikan untuk melakukan survei darat kawasan pelabuhan. Selain itu, mereka juga yang akan melihat jalur yang dapat dimasuki kapal.
"Dengan berbagai permasalahan yang ada, kami akan uji coba. Tidak ada target, ini ujicoba," katanya.

Ujicoba itu sekaligus dimaksudkan untuk identifikasi kekurangannya.
Jika setelah ujicoba ditemukan masalah sedimentasi yang menghambat, maka diharapkan akan ada kebijakan untuk mencegah dari pimpinan.
"Termasuk soal break water," lanjutnya.

Masalah perpanjangan break water dianggapnya memang penting. Namun, upaya tersebut harus mendapat dukungan dari pemerintah pusat dalam hal anggaran.

Baca Juga: Dekat Candi Borobudur akan Dibangun Bandara Internasional 

Dengan perkiraan break water sisi timur perlu perpanjangan sekitar 80 meter, anggaran dibutuhkan lebih kurang Rp180 miliar. Disebutkan, tahun lalu pengerukan meliputi dua bagian. Pertama merupakan alur masuk dan kedua adalah bagian kolam pelabuhan.

Untuk bagian alur pelabuhan dapat diselesaikan, namun khusus kolam pelabuhan tidak selesai dengan progres terakhir sebesar 71,80 persen.

Sumber: TribunJogja

Artikel Terkait

Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo - Pelabuhan Baru di Jogja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email